Pelaminan Minang Buchyar

Petani Sumatera Barat Berunjuk Rasa Di DPRD Sumbar

Posted on: May 4, 2010

Ratusan petani yang berasal dari Kabupaten Agam, Pasaman, Padang Pariaman, dan Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, Senin (3/5), melakukan aksi demonstrasi di pelataran Gedung DPRD Sumbar.

Para petani yang tergabung dalam Dewan Pengurus Wilayah Serikat Petani Indonesia (DPW SPI) Sumbar itu menolak keberadaan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2010 tentang lahan telantar dan PP No 18/2010 tentang usaha budidaya tanaman.

Pasalnya, dua peraturan pemerintah tersebut dianggap sebagai bentuk feodalisme terhadap kehidupan petani karena menjadikan petani sebagai buruh bagi kelas pemodal yang rentan menimbulkan konflik pertanahan jenis baru. Petani menilai, dua peraturan pemerintah itu diluncurkan untuk lebih memberikan kemudahan bagi para pemodal dalam mengelola lahan di Indonesia lewat program food estate yang merupakan investasi pangan dalam skala besar.

DPW SPI Sumbar mencatat, pada 2010 ini sudah ada empat perusahaan besar yang mengajukan diri untuk membuka kawasan pangan di Indonesia.

Empat korporasi dengan modal besar ini dinilai bukan lawan sebanding bagi petani gurem yang diperkirakan akan menjadi buruh dari impitan kepentingan modal raksasa.

Massa yang sempat berorasi di pelataran Gedung DPRD Sumbar sejak sekitar pukul 09.00 akhirnya diterima oleh Komisi I DPRD Sumbar.

Para demonstran yang sebagian di antaranya membawa serta anak-anak mereka lantas mengadakan dialog di ruang paripurna bersama Ketua Komisi I DPRD Sumbar Zulkifli Djailani dan sejumlah anggota komisi I DPRD Sumbar.

Indra Deni, salah seorang petani dari Kabupaten Padang Pariaman, mengatakan, PP No 11/2010 pada gilirannya merupakan lahan telantar yang akan dialihfungsikan kepada perusahaan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: