Pelaminan Minang Buchyar

Pariaman Gelar Perburuan Babi Hutan Sambut Ramadhan

Posted on: August 30, 2011

Pengurus Daerah Persatuan Olahraga Buru Babi (Porbi) Kota Pariaman, Sumatera Barat menggelar kegiatan berburu babi bersama yang dipusatkan di Desa Sikapak Timur, Kota Pariaman, Minggu, guna menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Ajang berburu babi tersebut diikuti sekitar seribuan peburu dari berbagai daerah di Sumbar dengan sasaran lokasi berburu melintasi daerah Mudiak Darek dan berputar menuju Padang Sarai di kawasan Labuang Desa Sikapak Timur yang berada di perbatasan antara Kota Pariaman dengan Kabupaten Padangpariaman.

Pengurus Porbi sersama para “niniak mamak” (pemangku adat, red), kalangan pemuda dan cerdik pandai serta para tokoh yang dituakan dan pemuka adat lainnya mengawali kegiatan dengan “basitinah kato” (persembahan adat, red) di “laga-laga” (balairung pemuda) Labuang Jaya Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara.

Ketua Pengurus Daerah Porbi Kota Pariaman, Aspar, mengatakan, kegiatan berburu babi tersebut digelar untuk mempererat silaturahim karena sebenar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan.

Melalui kegiatan berburu babi tersebut, kata dia, Porbi juga akan dapat memberikan dampak positif mencegah berkembangnya hama perusak tanaman di kebun-kebun rakyat, seperti gangguan dari babi, landak dan binatang lain yang dapat merugikan masyarakat.

Lebih lanjut ia mengatakan, Porbi Kota Pariaman sudah menjadikan kegiatan berburu babi sebagai agenda rutin, setidaknya 3-4 kali dalam setahun.

“Alhamdulillah setiap pelaksanaannya mendapat sambutan luar biasa dari para pencandu berburu babi dari berbagai daerah di Sumbar dan bahkan dari provinsi tetangga,” ujarnya.

Berburu babi juga termasuk mendukung program visi dan misi Kota Pariaman dalam mewujudkan Pariaman sebagai daerah kunjungan wisata, katanya menambahkan.

Usai berburu di lapangan, kegiatan ditutup dengan acara berdoa bersama, dan pada malam hari digelar acara hiburan untuk masyarakat dengan menampilkan “saluang dangdut”

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos

Pelaminan Minang Terbaru

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: