Pelaminan Minang Buchyar

Indahnya Minangkabau Pantai Kota Padang Di Sumatera Barat

Posted on: August 4, 2008

Condong mata ka nan rancak, condong salero ka nan lamak. Lihat yang bagus, makan yang enak. Begitu warga kota Padang bilang. Di kota yang berbatas laut dan gunung itu memang banyak santapan enak dan pemandangan yang menyegarkan mata.

Secara geografis kotanya Urang Awak ini membentang sepanjang 85 km di sisi barat Pulau Sumatera berbatasan dengan pantai Samudra Indonesia. Kota itu dibentengi pula oleh perbukitan di sisi lainnya. Makanya ungkapan garam di laut, asam di gunung bertemu dikuali sangat dijiwai orang Padang.

Kelezatan aneka makanan khas kota Padang bisa menjadi bukti kebenaran ungkapan itu. Siapa tak kenal sate padang, lemang tapai atau keripik Sanjai yang pedas dan manis? Itu baru sebagian karena masih ada pula berbagai jenis warung nasi dengan kekhasannya seperti nasi kapau dengan berbagai hidangan berbumbu rendang.

Punya Banyak Taman

Tapi selain makanan, di kota berarsitektur Minang ini juga banyak dijumpai sudut-sudut kota yang tidak kalah menariknya. Banyak lahan di pusat kota yang sudah disulap menjadi obyek wisata dengan jarak antar taman yang tidak berjauhan. Ada Taman Hutan Raya Bung Hatta, Taman Budaya, Taman Siti Nurbaya dan Taman Nirwana. Demikian pula di pesisir, banyak kawasan pantai yang menawarkan kenyamanan untuk bersantai. Antara lain Pantai Padang, Pantai Pasir Jambak, Pantai Carolina, serta Pantai Air Manis.

Nah kalau mau keliling kota cukup naik Bendi saja. Dengan membayar Rp 20.000, sudah bisa melongok dan menjelajahi rumah-rumah gadang, pertokoan, pusat perbelanjaan dan juga bangunan pemerintahan. Banyak bangunan di kota Padang berornamen minang. Tapi kalau ingin mengamati dengan seksama, langsung saja ke rumah adat minang yang berdiri megah di tengah alun-alun kota.

Selesai keliling kota beradius kurang lebih 180 km persegi ini baiknya mampir ke Pantai Padang. Dari pusat kota menuju Pantai Padang di Jalan Samudra, jaraknya cuma satu kilometer saja.

Senja di Arau

Pada sore hari pantai dipenuhi turis lokal dan pendatang untuk menikmati matahari terbenam sambil makan cemilan khas padang. Ada juga yang hanya jalan-jalan di pantai atau bermain sepak bola pantai.

Di sini juga ada panggung terbuka yang sekali waktu mementaskan acara kesenian rakyat seperti tarian dan drama. Di sepanjang jalan juga bisa dijumpai penjaja makanan kecil lainnya. Mau makan jagung pun boleh bakar sendiri.

Malam hari kalau belum penat, menyusuri jalan Arau akan terlihat gedung-gedung tua peninggalan Belanda yang masih berdiri megah. Ada gedung yang masih terawat dan dijadikan toko atau restoran, tapi banyak juga yang sudah dijadikan gudang.

Karena jalan Arau bersisian dengan sebuah muara sungai yang banyak disinggahi perahu, maka pemandangan yang disajikannya indah sekali di malam hari. Hamparan kerlip lampu serta jejeran kapal berlabuh sungguh elok dipandang mata. Dari tempat itulah bisa dilihat, senja berlalu meninggalkan kota. Sampai jumpa.

2 Responses to "Indahnya Minangkabau Pantai Kota Padang Di Sumatera Barat"

aku lagi jatuh cinta sama teman sekampusku, dia asal padang. nggak penting banget ya? tiba-2 aQu pinign tahu aja all about padang. he…

Orang Padang memang keren, kena bencana bisa bangkit dengan cepat dan tidak ngemis bantuan pemerintah. piss ahh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: