Pelaminan Minang Buchyar

Kunjungilah Festival Danau Singkarak Bulan Agustus 2008

Posted on: August 4, 2008

Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar)akan menggelar festival Danau Singkarak dan Danau Kembar untuk lebih memperkenalkan seni, budaya dan keindahan alam kabupaten itu agar lebih dikenal tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

“Festival yang akan digelar pada 23-27 Agustus mendatang itu terutama akan menyuguhkan berbagai produk unggulan serta berbagai potensi yang dimiliki daerah ini di mana tidak hanya seni, budaya dan alamnya tetapi juga kawasan perkebunan kopi yang sangat potensial untuk dikembangkan,” kata Wakil Bupati Solok, Desra Ediwan Ananta Nur kepada pers di Jakarta, Senin (4/8).

Ia mengatakan, untuk mensukseskan festival ini, yang sekaligus mendukung program Tahun Kunjungan Wisata (VIY) 2008, berbagai upaya telah dilakukan untuk lebih menarik wisatawan berkunjung ke daerah ini seperti perbaikan berbagai akses jalan menuju daerah-daerah wisata seperti ke Solok sekitar 66 km dari kota Padang, yang memiliki lima danau yakni Danau Singkarak, Danau Di Atas dan Danau Di Bawah, Danau Kembar serta Danau talang.

Selain itu juga perbaikan akses jalan menuju Danau Singkarak, sekitar 80 km dari kota Padang, dan juga akses menuju Danau Kembar yang mempunyai banyak tikungan patah, sudah banyak yang diluruskan agar para pengunjung tidak mabuk darat karena banyaknya tikungan patah.

Berbagai “event” akan digelar pada festival tersebut antara lain Pacu Biduk Tradisional, pameran seni dan budaya Kab. Solok,  Lomba Ayam Kukuak Balenggek (kokok ayam bertingkat-tingkat) serta festival makanan khas Kabupaten Solok.

“Diharapkan festival ini akan dikunjungi atau menarik setidaknya 35.000 wisatawan asing dan juga masyarakat Sumbar yang merantau baik di dalam negeri maupun luar negeri seperti di Malaysia, Singapura dan Brunei darusalam,” kata Desra.

Sementara itu Dirjen Pemasaran Depbudpar, Sapta Nairwandar mengatakan, banyak potensi pariwisata yang belum dikembangkan di daerah yang mempunyai danau bertingkat satu-satunya di dunia itu.

Kabupaten Solok tidak hanya memiliki potensi sektor pariwisata tetapi juga sektor tambang, perkebunan kopi, yang  bisa dijadikan wisata perkebunan.

Sapta mengatakan untuk lebih menarik minat wisatawan asing (wisman) berkunjung ke daerah ini, berbagai paket akan diciptakan yakni Paket Lebaran ke Padang dari Kuala Lumpur, Malaysia dan juga Paket lebaran dari Johor dan Singapura ke ke Solok. “Upaya ini untuk memberikan kemudahan kepada wisman agar mau berkunjung ke daerah-daerah tersebut,” kata Sapta.

Sedangkan Dwiki Darmawan, musisi ternama yang hadir pada kesempatan itu mengatakan bahwa wisman kecenderungan ingin menikmati kawasan wisata yang berkualitas dan mereka tidak mengutamakan kuantitas, berbeda dengan wisatawan domestik yang lebih senang dengan menikmati makanan maupun berfoto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: