Pelaminan Minang Buchyar

Dakwah Muhammadyah Untuk Kebudayaan Bukan Hanya Sekedar Agama

Posted on: August 25, 2008

Persyarikatan Muhammadiyah merupakan gerakan untuk peradaban. Artinya, dakwah Muhammadiyah bukan sekadar keagamaan, tetapi juga harus menjadi gerakan kultural, yang mempunyai keinginan ikut memajukan perekonomian masyarakat dan memperbaiki kualitas manusia.

Dalam dinamika kesejarahannya, Muhammadiyah berusaha merespons berbagai perkembangan kehidupan dengan merujuk pada ajaran Islam. Langkah ini dilakukan dengan meyakini bahwa setiap era sejarah selalu mempunyai tantangan masing-masing, dan Islam juga menyediakan referensi normatif atas berbagai persoalan yang dihadapi, termasuk problem kualitas manusia yang sedang dihadapi bangsa ini.

”Inilah yang menjadi amanah dari persyarikatan kita, amanah yang direalisasikan dalam berbagai bentuk amal usaha, seperti lembaga pendidikan, lembaga keuangan mikro, panti asuhan anak yatim, rumah sakit, dan sebagainya,” ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin ketika berbicara dalam tablig akbar Persyarikatan Muhammadiyah di Gorontalo, Kamis (21/8) malam. Sebelumnya, Din meresmikan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dan melantik Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Umat Islam Indonesia, yang menjadi kelompok terbesar bangsa ini, harus tergerak untuk memainkan peran besar dan menjadi faktor penentu bangsa ini. Keinginan ini bukan karena didasari semangat sektarian ataupun primordialisme, tetapi dilandasi rasa tanggung jawab atas kemajuan peradaban bangsa Indonesia, dan umat Islam di pentas dunia.

”Kita berbuat untuk akselerasi dalam kepentingan nasional untuk kepentingan Indonesia sendiri,” ujarnya.

Maju-mundurnya Indonesia di masa depan sangat ditentukan maju-mundurnya umat Islam. Kalau Indonesia terpuruk, berarti ada yang salah dengan umat Islam.

”Disinilah pekerjaan rumah kita, pekerjaan yang harus kita lakukan bersama dalam persyarikatan ini,” ujar Din.

Tidak melupakan

Muhammadiyah dalam sosoknya sebagai gerakan peradaban tidak akan melupakan dakwah dengan berbagai kegiatan yang mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Itu sebabnya Muhammadiyah terus membangun amal usaha lembaga pendidikan, dari tingkat anak usia dini hingga perguruan tinggi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: