Pelaminan Minang Buchyar

Jusuf Kalla Akan Buka Pertemuan Saudagar Minangkabau

Posted on: September 3, 2008

epuluh hari setelah Idul Fitri 1 Oktober 2008, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla berencana akan menghadiri dan membuka lagi pertemuan ke-2 Saudagar Minang yang acaranya disebut Silaturahim Saudagar Minang (SSM) 2008 di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Acara itu diselenggarakan untuk membangkitkan ekonomi Sumbar yang dilandasi semangat berdagang dan merantau tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Forum SSM 2008 Basrizal Koto kepada pers, seusai bertemu Wapres Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (3/9) siang.

Dijadwalkan, Wapres Kalla akan membuka SSM 2008 pada tanggal 10 Oktober mendatang. Acara itu disebut-sebut akan dihadiri 1.000 peserta dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

Pada tahun lalu, Wapres Kalla juga hadir membuka acara serupa yang pertama kali diadakan bagi para saudagar Minang di Padang. Pertemuan Saudagar Minang ini menyusul ide Wapres Kalla yang sudah puluhan tahun lalu menggagas pertemuan Saudagar Bugis di kampung halamannya di Makassar, Sulawesi Selatan.

PARA SAUDAGAR ADALAH TONGGAK KEMAJUAN BANGSA

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Minggu (23/3), menyatakan keberadaan saudagar nusantara adalah tonggak dan titik tolak kemajuan bangsa.

Namun, untuk mengelola supaya ada kemajuan bangsa bukan hanya dengan amarah saja, akan tetapi dengan akal dan pola pikir yang baik. Ini sejalan dengan makna saudagar yang dalam bahasa Sanskerta adalah orang dengan seribu akal. Hal itu disampaikan Wapres Kalla saat memberikan pengarahan di acara pembukaan “Tepang Sudagar Tatar Sunda” atau kelompok pengusaha yang berasal dari daerah Pasundan, Jawa Barat, di Gedung Pertemuan Bank Indonesia (BI) Bandung, Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Minggu siang.

“Dan, kemajuan itu, ada pada saudara-saudara sebagai saudagar, yang punya semangat yang berasal dari dalam untuk terus maju. Kultur yang tidak gampang menyerah untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam bangsa ini,” tandas Wapres Kalla.

Wapres juga meminta agar banyak generasi muda Indonesia berlomba-lomba menjadi pengusaha. Selama ini, diakui pertumbuhan pengusaha pribumi masih berjalan lambat dibandingkan pengusaha keturunan China. “Ini bukan secara sempit berbicara soal ras dan kesukuan, akan tetapi bicara soal pertumbuhan. Jika tidak mau ada gap antara pengusaha pribumi dan Tionghoa, maka generasi muda harus banyak yang menjadi pengusaha. Jangan hanya menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau menjadi tentara,” papar Kalla.

Menghadapi kenaikan harga minyak mentah dunia yang di atas 100 dolar AS, Wapres Kalla menganjurkan agar para saudagar segera mengambil kesempatan yang cepat. “Dalam situasi di mana harga minyak mentah dunia naik, ambil manfaatnya. Juga kalau harga minyak mentah dunia turun lagi, bagaimana supaya penurunan itu bisa dimanfaatkan oleh para saudagara,” lanjut Wapres Kalla.

Pertemuan yang untuk pertama kali diselenggarakan ini, dihadiri sejumlah menteri yang berasal dari Jawa Barat seperti Menneg Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta dan Gubernur BI Burhanuddin Abdullah. Sementara dari kelompok pengusaha asal Pasundan, selain hadir Ketua Umum Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Nasional Daerah (Kadinda) Jawa Barat, yang juga pioner saudagar Tatar Sunda Iwan Dermawan Hanafi dan Ketua Kadin MS Hidayat serta Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan, mantan Sekretaris Pengendalian Pembangunan Solihin GP dan sejumlah pengusaha asal Jawa Barat lainnya.

Sejak dihidupkannya kembali Pertemuan Saudagar Bugis di Makassar, Sulwesi Selatan oleh Wapres Kalla tiga tahun lalu, ibarat jamur di musim hujan bermunculan kelompok-kelompok saudagar nusantara yang berasal dari daerah seperti Bugis Makassar, Minangkabau, Aceh, Bali, Banjar, Pekalongan, daerah lainnya. Tujuan berdirinya kelompok-kelompok pengusaha itu, selain memajukan dan mengembangkan usaha daerah juga meningkatkan jaringan pengusaha setempat dalam lingkup nasional dan regional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: