Pelaminan Minang Buchyar

Jalur Lintas Provinsi Riau dan Sumatera Barat Akan Pulih Minggu Depan

Posted on: October 10, 2008

Jalur lintas barat Sumatera yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat yang putus total pada Selasa kemarin diperkirakan dapat dilewati truk dan kendaraan roda empat pada pekan depan. Pada bagian yang longsor akan dipasang Jembatan Bailey, sedangkan pekerjaan pengikisan dinding tebing sisi kanan jalan akan dilakukan secara simultan.

”Jembatan Bailey itu akan tiba sekitar tiga hari lagi dan pemasangan diperkirakan selesai dalam tiga hari. Pekan depan, jalan ini sudah dapat dilewati truk,” ujar Gunawan, Kepala Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan, Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Provinsi Riau, yang ditemui di lokasi longsor, Desa Merangin, Kilometer 77,5, Kecamatan Bangkinang Barat, Kampar, Riau, Kamis (9/10).

Menurut dia, pada sisi tebing jalan yang longsor di Km 77,5 tak mungkin dipasang beronjong karena kemiringan sudah lebih dari 45 derajat. Pada sisi badan jalan itu nantinya akan dibangun cantilever, bangunan seperti semijembatan. Adapun bagian badan jalan yang longsor di Km 77,2 masih mungkin dibuat beronjong karena kemiringan tebing masih memungkinkan.

Berdasarkan pengamatan Kompas di lokasi, nyaris tidak ada pekerjaan perbaikan sejak longsornya jalan itu, Selasa dini hari lalu. Pemandangan yang berbeda hanyalah pada tepi jalan yang longsor sudah ditutup dengan plastik hitam.

Di persimpangan jalan Rantau Berangin (persimpangan terdekat dengan lokasi longsor, menuju jalur alternatif) pun sudah tak terlihat petugas yang mengalihkan jalan. Sedikitnya 10 mobil terjebak dan harus berbalik arah.

Di lokasi longsor memang terlihat satu ekskavator, tetapi tidak beroperasi. Menurut salah seorang pekerja di lokasi, operator alat berat itu, M Nasrul, meninggal dunia terjepit ekskavator pada Rabu petang sehingga alat itu belum dapat dioperasikan.

Gunawan mengatakan, perbaikan jalan di lintas barat Sumatera sebenarnya sudah dianggarkan berbiaya APBN Rp 28 miliar. Proses tender sudah berlangsung dan ditetapkan perusahaan pelaksananya. Namun, proses pekerjaan belum dapat dilakukan karena menunggu persetujuan dari menteri keuangan mengingat waktu pekerjaan diperkirakan lebih dari satu tahun anggaran.

”Sebelum longsor, jalur ini sebenarnya sudah direncanakan untuk perbaikan. Namun belum sempat diperbaiki sudah terjadi longsor,” kata Gunawan.

Sampai kemarin, truk dan kendaraan roda empat tak dapat melewati jalur longsor itu. Kendaraan kecil dan menengah sampai tonase maksimal 6 ton dialihkan melewati jalur alternatif dari Pulogodang, Kecamatan Merangin, sampai Desa Kotomasjid, Kecamatan XIII Kotokampar.

Jalur alternatif sepanjang 12 km itu sebagian besar bagus dan beraspal, kecuali 5 km di Desa Kotomasjid, yaitu jalan perkebunan karet. Bila hujan, jalan perkebunan itu sangat sulit dilewati karena berlumpur tebal. Jalur itu memang jalan alternatif terpendek, tetapi pengemudi harus mengeluarkan uang minimal Rp 1.000 sebagai pas jalan kepada pemuda setempat yang ”menjaga” hampir tiap persimpangan.

Akibat putusnya jalan lintas Riau-Sumbar itu, terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar, terutama sayur-mayur berkisar Rp 2.000-Rp 5.000. Kenaikan harga itu karena transportasi sayur-mayur asal Bukittinggi menuju Pekanbaru terpaksa harus memutar lewat Kiliranjao-Talukkuantan yang lebih jauh 120 km.

Di Pasar Pusat, Pekanbaru, harga cabai yang sebelumnya Rp 12.000 per kg naik jadi Rp 16.000, bawang merah dari Rp 10.000 per kg jadi Rp 12.000, wortel dari Rp 5.000 per kg jadi Rp 7.000, dan sawi dari Rp 4.000 per kg jadi Rp 6.000. Ikan tongkol yang sebelumnya Rp 17.000 per kg jadi Rp 22.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: