Pelaminan Minang Buchyar

Sumatera Barat Mengirimkan Bantuan Alat Berat Untuk Pemulihan Jalur Lintas Sumatera Barat – Riau

Posted on: October 10, 2008

Provinsi Sumatera Barat mengirimkan satu alat berat untuk membantu pemulihan jalur lintas Sumatera Barat-Riau yang terputus akibat longsor di daerah Rantau Berangin, Provinsi Riau, Kamis (9/10).

Kepala Dinas Prasarana Jalan Sumatera Barat Dody Riswandi mengatakan, alat berat yang dikirim itu berfungsi untuk memecahkan batu besar agar batu lebih mudah disingkirkan dari badan jalan.

”Alat berat itu sudah berangkat ke lokasi longsor, Kamis pagi, dari tempat disiagakannya alat itu di Kelok Sembilan, Kabupaten Limapuluh Kota. Pengiriman alat berat ini sesuai dengan permintaan Pemprov Riau,” kata Dody.

Alat ini sebelumnya digunakan untuk memecahkan batu yang longsor dan menutup jalan di daerah Kelok Sembilan, Selasa lalu.

Tiga alat berat

Pemprov Sumatera Barat menyiagakan tiga alat berat untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu terjadi longsor, terutama pada masa Lebaran ini.

Lokasi yang terputus berjarak sekitar 17 kilometer dari batas Provinsi Sumatera Barat. Hingga kemarin, arus lalu lintas masih dialihkan melewati jalur alternatif Kiliran Jao-Taluk Kuantan yang memakan waktu tempuh lebih lama dua jam dibandingkan bila melewati jalur yang terputus.

”Kendaraan terpaksa lewat jalur alternatif karena tidak ada pilihan lain. Pemprov Riau menginformasikan ke kami bahwa proses pemulihan jalur yang terputus ini memakan waktu yang lama karena badan jalan sampai amblas,” papar Dody.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya Marlon Martua mengatakan, jalur lintas trans-Sumatera yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat-Provinsi Jambi masih buruk. Selain itu, rambu-rambu petunjuk jalan sangat minim.

Akibatnya, seringkali truk yang melewati jalur ini terbalik. Dia meminta pihak pemerintah provinsi segera menangani perbaikan jalan ini.

Ongkos yang besar, terutama biaya bahan bakar, menjadi meningkat bila melalui daerah yang kondisi jalannya buruk. Kondisi ini sangat merepotkan pengemudi.

”Sarana trans-Sumatera yang melewati Dharmasraya terganggu karena kondisinya sangat buruk. Kontraktor yang menangani pembuatan jalan juga tidak lihai sehingga sebentar saja setelah dibangun, jalan kembali rusak,” tutur Marlon dalam rapat koordinasi tingkat provinsi.

Lubang besar

Dari pantauan Kompas, kerusakan jalan trans-Sumatera juga terjadi di jalur lintas yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Sumatera Utara, terutama di daerah Kabupaten Pasaman Barat.

Di daerah ini, lubang besar banyak terhampar di sepanjang jalan. Sebagian besar kendaraan yang melintas di jalur ini adalah truk bermuatan kelapa sawit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: