Pelaminan Minang Buchyar

Carbon Strategic Global Australia Berminat Membeli Oksigen Asal Sumatera Barat Senilai 900 Milyar

Posted on: October 16, 2008

Sebuah institusi perdagangan karbon (carbon trade) asal Australia, Carbon Strategic Global (CSG), ingin membeli oksigen yang dihasilkan dari hutan lindung di Sumatera Barat untuk dijual ke negara-negara maju penghasil emisi karbon dioksida (CO2).

Menurut Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi, di Padang Rabu, dari tawaran CSG itu pemerintah Provinsi Sumbar mengusulkan untuk menjual oksigen yang dihasilkan dari 865.560 hektar hutan lindung yang tersebar di 10 kabupaten di daerah itu.

CSG telah menawarkan kompensasi Rp900 miliar per tahun untuk oksigen yang diproduksi hutan-hutan lindung di Sumbar.

CSG yang bergerak dalam bidang perdagangan karbon dunia itu akan menjual oksigen hutan Sumbar kepada negara-negara penghasil CO2 terutama negara-negara industri maju di Eropa.

Perdagangan karbon dunia semakin meningkat sejak ditandatangani Protokol Kyoto, di mana negara-negara di dunia sepakat untuk menekan emisi karbon dioksida rata-rata 5,2 persen selama 2008 hingga 2012.

Di bawah kesepakatan Protokol Kyoto, negara industri maju penghasil emisi karbon dioksida diwajibkan membayar kompensasi kepada negara miskin dan atau berkembang atas oksigen yang dihasilkannya.

Dari 865.560 hektar hutan lindung di Sumbar yang ditawarkan untuk mendapatkan kompensasi dalam perdagangan karbon itu terdiri atas hutan lindung di Kabupaten Solok 126.600 hektar, di Solok Selatan 63.879, Tanah Datar 31.120, Pesisir Selatan 49.720, Pasaman 232.660, 50 Kota 151.713 dan Kabupaten Agam 34.460 hektar.

Lalu di Kabupaten Pasaman Barat 56.829 hektar, Padang Pariaman 19.894, Sijunjung 85.835 dan hutan lindung di Kota Padang yang luasnya 12.850 hektar.

“Jika semua pihak terkait dapat menyetujuinya, selanjutnya diajukan ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri) RI. Jika izin Depdagri sudah turun akan dilakukan perundingan dan pembuatan MoU dengan pihak CSG,” katanya.

Gamawan belum dapat memastikan kapan MoU bisa direalisasikan karena harus melewati tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan.

“Saya kira pada 2009 belum bisa terealisasi, karena perlu ditetapkan luas kawasan lindung yang sesuai kenyataan di lapangan sebagai penghasil oksigen yang akan menyerap karbon tersebut,” kata dia.

2 Responses to "Carbon Strategic Global Australia Berminat Membeli Oksigen Asal Sumatera Barat Senilai 900 Milyar"

Provinsi Kalimantan Selatan, tempat saya bekerja, juga salah satu provinsi yang didekati oleh CSG.

Satu hal yang perlu diverifikasi: CSG tidak membeli, mereka hanya konsultan untuk menghubungkan kita dengan pembeli. Kita perlu optimis tapi jangan terlalu optimis.

Ya, saya juga sudah bertemu dengan perwakilan CSG , segalanya serba penuh dengan kabut tebal. Mungkin lebih baik dia jawab : a… i…. u… e… o….

Kalimat dan penjelasan yang panjang sama maknanya dengan penyampaian huruf2 vokal diatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: