Pelaminan Minang Buchyar

Pantai Sumatera Barat Dikota Padang Belum Tertata Dengan Baik

Posted on: October 18, 2008

Pendopo di Pantai Padang, Sumatera Barat, tidak terawat sehingga mengganggu pemandangan di tepi pantai, Jumat (17/10). Pantai Padang merupakan obyek wisata unggulan Padang. Pemkot Padang menargetkan penataan Pantai Padang sampai akhir 2008.

Pantai Padang yang menjadi tempat wisata andalan Kota Padang, belum tertata rapi, Jumat (17/10). Sampah dan bangunan yang tidak terawat masih dijumpai di tempat wisata tepi laut itu.

Dari pengamatan di lapangan, sampah masih berserakan di pantai. Sulit mendapatkan tempat sampah. Tempat berjualan juga belum tertata. Di sejumlah kawasan, tempat untuk menikmati pantai masih sangat minim.

”Pantai ini masih kotor. Padahal, tempatnya indah karena langsung menghadap ke laut,” ujar Dody, salah satu wisatawan yang berkunjung ke Pantai Padang.

Kondisi pantai yang tidak tertata ini juga diakui oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Didi Aryadi. Dia mengatakan, Pantai Padang saat ini masih dalam proses penataan.

”Kami baru selesai melakukan tender untuk mendapatkan pihak ketiga yang akan membantu pembuatan warung standar di tepi pantai sepanjang 4,8 kilometer mulai dari Muaro Padang sampai Purus. Nantinya, pedagang di tepi pantai ini akan mempunyai tenda yang sama. Tenda akan dibuat secara berkelompok. Seluruh penataan Pantai Padang akan rampung pertengahan Desember,” tutur Didi.

Pantai Padang nantinya akan menjadi tempat wisata jajan. Pihaknya juga berencana menggandeng 52 pedagang yang saat ini sudah berjualan, untuk menetapkan standar kebersihan dan harga makanan. Jumlah pedagang juga akan dibatasi agar tidak terlalu banyak.

Jam berjualan juga akan dibatasi mulai pukul 16.00 sampai 00.00. Di luar jam itu, pihaknya tidak mengizinkan pedagang berjualan.

Tahun 2009, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang berencana merenovasi satu gedung yang hampir roboh di tepi pantai. Gedung itu nantinya dijadikan pos polisi pariwisata dan sentra penjualan suvenir. Untuk jangka panjang, pihaknya juga akan membuat los khusus pedagang ikan. Saat ini, pedagang ikan masih berjualan di lapak-lapak kayu.

Angka kunjungan wisata ke Kota Padang diprediksi mencapai 1,4 juta orang pada tahun 2007. Hingga Juli 2008, kunjungan wisata mencapai 828.643 orang.

Selain Pantai Padang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang juga tengah menata kawasan Pantai Air Manis.

Di kawasan ini, terdapat sebuah batu yang diyakini sebagai perwujudan dari legenda Malin Kundang.

”Di kawasan ini akan dibangun galeri, gedung pertunjukan, tempat penjualan suvenir, dan tempat parkir. Pemkot juga akan mendanai pertunjukan seni selama enam bulan sehingga pertunjukan itu bisa dinikmati gratis oleh para pengunjung,” tutur Didi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: