Pelaminan Minang Buchyar

Pemprov Sumatera Barat Keluarkan 13 Langkah Untuk Mengantisipasi Krisis Ekonomi Global

Posted on: October 30, 2008

Pemprov Sumatera Barat menelurkan 13 langkah untuk mengantisipasi krisis ekonomi global. Instruksi berlaku untuk tingkat pemerintah daerah mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi, Rabu (29/10), mengatakan, instruksi itu merupakan upaya pemprov untuk mengantisipasi meluasnya krisis. Upaya yang lebih terpadu seharusnya dilakukan dalam tataran nasional.

”Perlu upaya pada level nasional agar pemerintah daerah tidak salah mengambil kebijakan untuk mengantisipasi krisis ekonomi saat ini,” ujar Gamawan.

Instruksi pertama gubernur itu adalah dorongan untuk meningkatkan kerja sama dan kemitraan usaha. Selain itu, rasa optimistis menghadapi krisis juga perlu ditingkatkan. Gubernur meminta agar polemik dihindari karena dapat merusak kesatuan dan kepercayaan masyarakat.

Kedua, pemerintah daerah diminta untuk memacu pertumbuhan ekonomi dengan cara mendorong investasi dan pengembangan produk berbasis sumber daya lokal, seperti cokelat, jagung, sayuran, ikan, ternak, bordir, sulaman, garmen, dan berbagai produk industri kerajinan.

Ketiga, pemerintah daerah diminta untuk meningkatkan pelaksanaan pelatihan yang mempunyai peluang pasar kerja dan peluang usaha.

Keempat, instruksi untuk segera menjalankan proyek-proyek yang dibiayai APBN dan APBD sehingga menciptakan lapangan kerja dan mendorong peningkatan aktivitas ekonomi.

Instruksi kelima berisi dorongan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran, terutama kegiatan yang konsumtif dan kurang mendesak.

Keenam, sektor riil juga harus digerakkan dengan meningkatkan pelayanan, memberikan kemudahan dan insentif, fasilitas permodalan, seperti pemanfaatan secara optimal KUR, kredit pemberdayaan keluarga miskin, program berkesinambungan, koperasi atau syariah, dan BMT.

Ketujuh, pengembangan jenis komoditas juga harus diteruskan. Negara tujuan ekspor diutamakan pada kawasan yang tidak secara langsung terpengaruh oleh krisis di Amerika Serikat.

Kedelapan, peningkatan kerja sama pemasaran termasuk dengan perusahaan daerah untuk aneka komoditas, seperti gambir, pinang, dan cokelat.

Langkah seterusnya bertujuan untuk menarik konsumen mencintai produk dalam negeri dan koordinasi.

3 Responses to "Pemprov Sumatera Barat Keluarkan 13 Langkah Untuk Mengantisipasi Krisis Ekonomi Global"

nice artikel….
thanks ya infonya…
sangat bermanfaat

nice blog…
thanks ya infonya…
sangat bermanfaat

artikel yang menarik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: