Pelaminan Minang Buchyar

Pagelaran Budaya Mentawai 2008 Digelar 14-16 November

Posted on: November 10, 2008

Pagelaran Budaya Mentawai 2008 akan digelar pada 14-16 November 2008. Acara yang terdiri dari seminar muatan lokal berbasis budaya Mentawai, aneka perlombaan, dan pameran busana tradisional, itu diadakan di ibu kota Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tua Pejat.

Pagelaran Budaya Mentawai 2008 diselenggarakan oleh Yayasan Citra Mandiri. ”Acara ini ditujukan untuk membangkitkan dan menumbuhkan kembali rasa bangga dan percaya diri masyarakat khususnya generasi muda Mentawai terhadap budaya mereka,” ujar Direktur Yayasan Citra Mandiri Sandang Paruhum, Minggu (9/11).

Sandang mengatakan, selama ini keanekaragaman budaya di Mentawai hampir tidak diperkenalkan melalui pendidikan di sekolah formal. Secara eksplisit, materi tentang budaya lokal tidak masuk dalam kurikulum di sekolah dasar hingga sekolah menengah.

”Kondisi ini memprihatinkan, mengingat generasi muda Mentawai seharusnya menjadi penerus dan pelaku dalam pengembangan kebudayaan Mentawai. Oleh karena itu, masyarakat Mentawai khususnya generasi muda harus diberi pengenalan dan pemahaman jelas akan keanekaragaman budaya melalui suatu wadah, salah satunya Pagelaran Budaya Mentawai ini,” ujar Sondang.

Pada 14 November 2008 akan diisi seminar muatan lokal berbasis budaya Mentawai. Seminar ini akan diikuti oleh masyarakat dari berbagai instansi, seperti DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Dinas Dikpora Kabupaten Kepulauan Mentawai, Cabang Dinas Dikpora di seluruh Kabupaten Kepulauan Mentawai, perwakilan SD, SMP, dan SMA seluruh Kabupaten Kepulauan Mentawai, serta perwakilan Aliansi Masyarakat Adat-Peduli Mentawai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: