Pelaminan Minang Buchyar

Gelombang Tinggi hingga Empat Meter, Sumatera Barat Rawan Abrasi

Posted on: November 24, 2008

Hingga tanggal 27 November, kondisi gelombang di perairan pantai barat Sumatera diperkirakan mencapai empat meter. Dengan kondisi gelombang setinggi itu, kemungkinan abrasi di pesisir pantai perlu diwaspadai.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Pemprov Sumatera Barat Ade Edward, Minggu (23/11), mengatakan, peluang abrasi merata di pesisir pantai barat Sumatera Barat. Karena itu, dia meminta pemda di tiap kabupaten/kota untuk memantau terus kondisi pesisir pantai.

”Kalau gelombang terus besar dan menyebabkan abrasi, pemerintah di kabupaten/kota perlu segera memikirkan langkah untuk mengungsikan warga yang tinggal di bibir pantai,” ujar Ade.

Kabupaten/kota yang perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya abrasi adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Pasaman Barat. Peluang abrasi terutama terjadi pada daerah tepi pantai yang terbuka.

Kabupaten Kepulauan Mentawai juga memiliki potensi abrasi karena daerah ini merupakan kepulauan terluar dari Provinsi Sumatera Barat. Namun, masyarakat Mentawai relatif aman karena sebagian besar tinggal jauh dari tepi pantai.

”Sesungguhnya, daerah di sekitar tepi pantai tidak boleh ditempati, minimum 200 meter dari bibir pantai. Namun, masyarakat tetap saja mendirikan rumah di tepi pantai. Permukiman baru di pantai ini seharusnya ditertibkan,” kata Ade.

Peluang gelombang tinggi di pantai barat Sumatera ini merupakan imbas badai Anika. Badai itu berembus dari barat daya Selat Sunda menuju selatan Selat Sunda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: