Pelaminan Minang Buchyar

Mari Bernostalgia Dengan Naik Kereta Api Uap Di Sawahlunto

Posted on: November 27, 2008

Kereta api yang ditarik dengan lokomotif uap akan beroperasi lagi di Kota Sawahlunto. Pengoperasian kereta api dengan lokomotif uap ini mulai dilaksanakan pertengahan Desember mendatang setelah lokomotif itu yang kini masih berada di Ambarawa sampai di Sawahlunto.

Wali Kota Sawahlunto Amran Nur, Selasa (25/11), mengatakan, pihaknya sudah melobi PT Kereta Api (KA) untuk membawa lokomotif uap yang ada di Ambarawa ke Sawahlunto. Kereta api memang disiapkan untuk menarik wisatawan minat khusus agar mereka datang ke Sawahlunto.

”Kereta api dengan lokomotif uap ini bisa membangkitkan kenangan masyarakat yang ingin merasakan sensasi naik kereta api uap seperti zaman Belanda dulu,” ujar Amran.

Pada masa dulu, kereta api merupakan moda utama transportasi batu bara dari tambangtambang yang ada di Sawahlunto ke Pelabuhan Teluk Bayur.

Kereta api juga menjadi transportasi utama bagi para bangsawan Belanda. Pada masa itu, jalur lalu lintas jalan belum sebaik saat ini sehingga kereta api menjadi pilihan yang terbaik.

Amran menambahkan bahwa rute kereta api wisata sementara ini baru di dalam kota Sawahlunto, yakni dari Stasiun Sawahlunto menuju Stasiun Muara Kalaban. Infrastruktur rel kereta untuk jalur ini masih baik dan layak digunakan.

Kereta api yang ditarik lokomotif uap tersebut akan melewati terowongan yang dinamakan terowongan kalam. Terowongan tersebut dinamakan seperti itu karena memang selama di dalam terowongan tidak ada cahaya sama sekali. Jalur tersebut merupakan salah satu jalur unggulan kereta api wisata di Sawahlunto.

Selain itu, kereta api uap akan memakai bahan batu bara yang yang dihasilkan di tambang Sawahlunto. Dengan lokasi yang berdekatan, diperkirakan kebutuhan batu bara akan sanggup terpenuhi.

Stasiun Sawahlunto juga difungsikan sebagai Museum Kereta Api. Museum ini merupakan kedua di Indonesia setelah museum kereta api di Ambarawa. Sayangnya, koleksi museum belum terlampau banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: