Pelaminan Minang Buchyar

Lokomotif Uap Kuno Akan Beroperasi di Sawahlunto

Posted on: December 21, 2008

Lokomotif uap Sawahlunto yang didatangkan kembali dari Ambarawa, Jawa Tengah, kini disiapkan untuk menjadi bagian pariwisata di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokomotif akan difungsikan untuk menarik kereta wisata.

Kepala Stasiun Sawahlunto Zulkifli, Jumat (19/12), mengatakan, tidak ada kerusakan mendasar pada lokomotif uap. Tim teknisi perlu beberapa hari untuk memperbaiki sejumlah kerusakan ringan dan mengecat ulang.

Saat ini lokomotif uap yang disebut Mak Itam itu masih berada di Stasiun Kereta Api Muaro Kalaban. Zulkifli yakin lokomotif masih sanggup digunakan untuk jarak jauh setiap hari.

Lokomotif uap jenis E1060 buatan tahun 1966 itu rencananya mulai beroperasi 1 Januari 2009 melayani rute Stasiun Sawahlunto-Muaro Kalaban. Sejak tahun 1980, kereta api penumpang berhenti total lantaran jalur darat dinilai lebih ekonomis.

Stasiun mini

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto Tun Huseno mengatakan, Pemerintah Kota Sawahlunto tengah membangun stasiun mini di dekat tempat wisata Water Boom Sawahlunto.

”Dengan demikian, wisatawan dari Water Boom bisa naik Mak Itam menuju ke kota tua di pusat Kota Sawahlunto. Mereka tidak perlu membawa mobil ke kota tua,” kata Huseno.

Kota Sawahlunto juga mendapat bantuan tiga gerbong kereta dari Padang. Gerbong tersebut akan digunakan untuk mengangkut wisatawan.

1 Response to "Lokomotif Uap Kuno Akan Beroperasi di Sawahlunto"

luar biasa, batua bana tuh, Pak, aset2 budaya kito dipaliharo dan diijago, jan lupo Pak tradisi kesenian klasik di tampilkan secara priodik

Ambo usulkan, supayo ado kampuang nan namuah mambuek acara adaik, apokah itu baralek dan sebagainya dengan acara klasik, kemudian diagendakan jadwalnyo dan diumumkan ka siapo sajo nan bakunjuang bak raso turis buliah mancaliak acara adaik tu. mungkin akan lebih menarik, Pak….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: