Pelaminan Minang Buchyar

Rumah Puisi Yang Penuh Dengan Kegiatan Budaya Dibangun Di Ranah Minang

Posted on: December 22, 2008

Selesai dibangun pertengahan Desember 2008, Rumah Puisi, pusat kebudayaan yang diprakarsai sastrawan Taufiq Ismail, bertempat di Nagari Aia Angek, Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat, dipadati berbagai kegiatan kebudayaan. Kegiatan perdana pada Jumat (19/12) diawali khataman Al Quran oleh hafiz/hafizah Sumatera Barat. Pada Sabtu, silaturahim sastrawan yang berdomisili di Sumatera Barat.

Koordinator Pelaksana Rumah Puisi Ati Taufiq Ismail mengatakan, hingga 19 Januari 2009 agenda kegiatan di Rumah Puisi sudah penuh. Masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat antusias merespons keberadaan Rumah Puisi yang berada di kaki Gunung Singgalang dan Gunung Merapi ini. ”Kegiatan yang berskala nasional juga bisa digelar di Rumah Puisi yang berada tak jauh dari jalan raya Lintas Tengah Sumatera, jalur Padang Panjang-Bukittinggi,” kata Ati Taufiq Ismail, melalui telepon kepada Kompas di Jakarta, Minggu.

Sebelumnya, Taufiq Ismail menjelaskan, pembangunan Rumah Puisi dimulai pada 20 Februari 2008. Modal awal pembangunan (uang) dari perolehan hadiah sastra Habibie Award 2007 sebesar 25.000 dollar AS, setelah dipotong pajak menjadi Rp 200 juta. Ditambah dengan dana hasil penjualan empat jilid buku Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit setebal 2.996 halaman yang diluncurkan dalam rangka memperingati Taufiq Ismail 55 Tahun dalam Sastra Indonesia. Keinginan membangun Rumah Puisi membersit setelah selesai melaksanakan program Membaca, Menulis, dan Apresiasi Sastra yang berlangsung di 12 kota dan diikuti oleh 1.800 guru.

Ketua Dewan Kesenian Sumatera Barat Harris Effendi Thahar secara terpisah mengatakan, kehadiran Rumah Puisi sangat positif untuk perkembangan intelektual dan perkembangan sastra sekaligus penulisan karya sastra di Indonesia. ”Geliat sastra ke depan akan semakin baik,” ujarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: