Pelaminan Minang Buchyar

Mengenang Kejayaan Batu Bara Dan Transportasinya Di Sawahlunto

Posted on: January 5, 2009

Kejayaan batu bara pada masa itu mendorong perkembangan transportasi di Sawahlunto. Jalur kereta api perdana di Sumatera Barat yang berawal dari kota arang ini untuk mengangkut batu bara dari lubang tambang ke Padang.

Jalur kereta sepanjang 155 kilometer itu sebagian besar kini tinggal kenangan. Pembangunan jalan yang begitu gencar telah menggeser kereta api sebagai angkutan utama. Truk-truk pengangkut batu bara mengambil alih tugas kereta api. Di beberapa ruas rel kereta itu telah tumbuh rumah-rumah penduduk. Begitu lamanya rel yang dibangun pada tahun 1891 sampai 1 Februari 1894 itu tidak dilewati kereta api sehingga sebagian besi telah hilang dari tempat semula.

Beruntunglah Sawahlunto yang hingga kini masih mempunyai jalur rel yang relatif terawat baik. PT KA bahkan bergegas mengganti bantalan kereta yang sudah lapuk demi menyambut kedatangan Mak Itam alias lokomotif uap. Lokomotif berbahan bakar batu bara itu tiba di Sawahlunto pada 14 Desember 2008 setelah menempuh perjalanan 10 hari dari Museum Ambarawa.

Hingga medio Desember, Mak Itam tengah dipersiapkan untuk menarik kereta wisata setidaknya di Sawahlunto. Bila lokomotif uap ini beroperasi lagi, kenangan pengangkutan batu bara akan hidup lagi.

Tidak hanya keberadaan Mak Itam yang menjadi perhatian kota ini atas transportasi lawas. Sebuah museum kereta api juga dibangun di Stasiun Sawahlunto. Inilah museum kereta api kedua yang ada di Indonesia setelah Ambarawa. Selain lokomotif Mak Itam, sejumlah gerbong yang sangat lawas terparkir di rel yang ada di muka museum itu.

Selain kereta penumpang, ada pula gerbong untuk mengangkut benda cair, seperti minyak sawit, serta gerbong pengangkut batu bara. Memang, koleksi museum di Sawahlunto ini masih minim. Kepala Stasiun Sawahlunto Zulkifli mengatakan akan melengkapi museum dengan pernak-pernik kereta api tempo doeloe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: