Pelaminan Minang Buchyar

Tempat Wisata Batu Busuk Makin Diminati Meskipun Tetap Minim Fasilitas

Posted on: March 27, 2009

Setiap akhir pekan, ratusan pengunjung mendatangi tempat wisata air Batu Busuk di Kelurahan Lambuang Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Kendati diminati, fasilitas wisata di tempat ini sangat minim. Untuk itu, warga berharap ada perbaikan fasilitas.

Tempat wisata Batu Busuk dilalui oleh Sungai Kuranji. Sungai ini tidak terlampau dalam, tetapi mempunyai aliran air yang deras dan jernih. Aliran air inilah yang digunakan pengunjung tempat wisata untuk mandi atau berenang. Lokasi yang berbukit juga kerap dimanfaatkan pengunjung untuk kamping.

Sayangnya, fasilitas di tempat ini belum banyak dikembangkan untuk mendukung pariwisata. Salah satu fasilitas yang belum dikembangkan adalah dua jembatan gantung yang belum dibenahi maksimal sehingga banyak lubang di sana-sini. Selain itu, toilet serta angkutan umum juga belum tersedia di tempat ini.

Camat Pauh Amri, Kamis (26/3), mengakui keterbatasan pendukung pariwisata di Batu Busuk. Hal itu terjadi karena dana untuk mengembangkan pariwisata di Batu Busuk terbatas.

”Sejauh ini potensi wisata di Batu Busuk masih berkembang begitu saja dan belum dikelola secara serius. Oleh karena itu, fasilitas di tempat wisata ini yang memang minim harus ditambah,” ujar Amri.

Dia mengatakan, tempat wisata Batu Busuk merupakan salah satu tempat wisata andalan Kota Padang. Sayangnya, pariwisata di daerah ini belum banyak dilirik.

Mikrohidro

Selain memiliki potensi wisata, Sungai Kuranji juga berpotensi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

Dari studi sementara, aliran air dari Sungai Kuranji tersebut bisa menghasilkan listrik untuk 200 keluarga di sekitar daerah itu yang hingga sekarang belum teraliri listrik.

Dana

Amri mengatakan, untuk membangun mikrohidro di daerah tersebut dibutuhkan biaya sekitar Rp 500 juta.

Dana ini rencananya diperoleh dari pemerintah. Kini, pihak kecamatan telah mengajukan bantuan pembangunan pembangkit listrik mikrohidro di daerah tersebut.

”Mikrohidro ini bisa menjadi solusi untuk keluarga di Batu Busuk yang belum mendapatkan listrik dari jaringan PLN. Namun, ada kebutuhan untuk mendapatkan dana modal pembangunan mikrohidro,” kata Amri.

Tak masalah

Kendati ada keterbatasan aliran listrik, penyelenggaraan pemilihan umum mendatang di daerah ini diperkirakan tidak akan bermasalah karena ada sejumlah genset milik warga yang bisa dipinjam selama masa pemungutan suara serta penghitungan suara.

Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan pemilu mendatang bisa berjalan lancar tanpa ada gangguan, termasuk kemungkinan gangguan karena ketiadaan listrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: