Pelaminan Minang Buchyar

Kota Padang Butuh 100 Shelter Gempa Bumi

Posted on: January 26, 2010

Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, membutuhkan 100 shelter yang berfungsi sebagai tempat pendaratan helikopter dan tempat penampungan warga, mengingat daerah tersebut rawan terhadap bencana tsunami. Total anggaran untuk membangun shelter tersebut mencapai Rp 1,5 triliun.

Dana itu diharapkan berasal dari pemerintah pusat dengan penyaluran alokasi dilakukan secara bertahap.

”Berdasarkan sejarah bencana alam, di Kota Padang pernah terjadi bencana tsunami dengan perulangan 200 tahun sekali. Keberadaan shelter yang bisa dibangun secara bertahap itu sekaligus diharapkan dapat menekan korban jiwa ketika bencana itu datang,” kata Wali Kota Padang Fauzi Bahar di Padang, Kamis (24/12).

Fauzi mengatakan, shelter tersebut akan dibangun di sekolah-sekolah dan di pasar-pasar. Keberadaan tempat penyelamatan itu ke depan akan dapat dimanfaatkan pelajar untuk menyelamatkan diri dari bencana tsunami.

”Shelter tersebut juga diharapkan bisa menyelamatkan warga yang berdiam dengan radius 1 km dari sekolah tersebut,” katanya. Sarana ini dibutuhkan cukup banyak karena ketika gempa 30 September 2009, warga berlarian mencari tempat perlindungan. Akibatnya, jalan-jalan dipadati masyarakat yang meninggalkan rumah mereka. Dengan demikian, shelter memang menjadi kebutuhan, khususnya pada saat daerah ini mengalami bencana.

Fauzi mengatakan, shelter akan dibangun di sekolah-sekolah yang baru atau pada sekolah lama yang diperbaiki. Sekolah tersebut berstruktur bertingkat di mana pada lantai I, II, dan III menjadi tempat belajar yang dilengkapi sarana pustaka dan laboratorium, sedangkan pada lantai empat merupakan shelter.

”Pembangunan shelter lebih diutamakan di sekolah-sekolah yang khususnya berada di dekat pantai. Kini tercatat 65 persen penduduk Kota Padang memiliki tempat tinggal dekat pantai,” katanya. Jika rencana pembangunan shelter terealisasi, pemerintah kota bisa memberikan tempat yang lebih baik bagi warga jika terjadi gempa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: