Pelaminan Minang Buchyar

Istana Pagaruyung Terbakar Lagi …

Posted on: March 22, 2010

Istano Si Linduang Bulan di Balai Janggo Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, hangus terbakar, Minggu (21/3). Tidak ada korban jiwa, tetapi 80 persen aset hangus terbakar.

Ahli waris Kerajaan Pagaruyung dan saksi mata, Raudha Thaib (62), menuturkan, sekitar pukul 01.00 dia melihat api dari bagian belakang bangunan. Kemudian api merembet dan membakar hampir seluruh bangunan. ”Yang tersisa hanya kerangka bangunan dari beton dan ukiran di bagian depan. Sebesar 80 persen bangunan terbakar, termasuk barang di dalamnya,” katanya saat dihubungi Kompas.

Barang yang terbakar, antara lain, adalah kain adat, perabot rumah tangga, peralatan makan, dan alat-alat upacara adat. Dokumen-dokumen penting mengenai istana selamat karena disimpan di tempat lain.

Pada saat kebakaran tidak ada orang di dalam karena istana dikosongkan pada malam hari. Api yang belum diketahui pemicunya itu baru padam pukul 04.00 setelah petugas mendatangkan empat mobil pemadam.

Pihak ahli waris berencana membangun lagi, tetapi belum tahu dari mana dananya.

Kebakaran bangunan yang pernah menjadi pusat Kerajaan Pagaruyung ini merupakan yang keempat kali. Pada tahun 1569, istana terbakar dalam perselisihan antara Kerajaan Pagaruyung dan kerajaan lain. Tahun 1828, istana kembali terbakar dalam Perang Padri.

Pada 13 Agustus 1961, saat musim kemarau panjang, istana terbakar. Istana itu dibangun kembali dengan dana partisipasi para ahli waris kerajaan dan diresmikan pada Desember 1989.

Bupati Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe menyatakan, pihaknya berupaya membantu mencarikan dana agar istana bisa dibangun kembali. ”Selain dari masyarakat, kami akan bantu dari dana hibah,” katanya.

Shadiq menambahkan, keberadaan Istano Si Linduang Bulan menggairahkan pariwisata di Tanah Datar. Dalam sehari tak kurang dari 150 turis dari Malaysia, Singapura, dan Belanda berkunjung ke istana. Istano Si Linduang Bulan dibangun dengan gaya arsitektur Alang Babega. Bangunan itu memiliki tujuh tajuk yang mengarah ke langit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: