Pelaminan Minang Buchyar

PT KA Kereta Api Indonesia Bangun Jalur Baru Di Sumatera Barat

Posted on: May 3, 2010

PT Kereta Api Divisi Regional II Sumatera Barat akan menjalankan sejumlah jalur baru dan mengaktifkan kembali sebagian jalur yang selama ini tidak dioperasikan. Untuk mengaktifkan kembali jalur itu, PT KA akan menggandeng investor.

Anggota Dewan Komisaris PT KA, Yahya Ombara, Minggu (2/5), mengatakan, hal itu merupakan bagian dari program revitalisasi jalur kereta api di Sumbar. Ia mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan PT KA, jalur kereta api di Sumbar selama ini disimpulkan sebagai jalur yang relatif diam dan tertidur. ”Jika tidak dihidupkan, akan mati,” ujarnya.

Digoyang gempa

Kepala PT KA Divisi Regional II Sumbar Yudith Harianto menambahkan, sejumlah infrastruktur PT KA di Sumbar yang mengalami kerusakan seusai digoyang gempa membuat kegiatan operasional menjadi relatif terganggu. Selain itu, upaya revitalisasi di sejumlah jalur kereta api yang ada sejak lama kini pun menghadapi kendala lain karena dihuni sejumlah penduduk. Pembersihan jalur dari permukiman akan dilakukan secara persuasif.

Wakil Kepala PT KA Divisi Regional II Sumbar Puspawarman mengatakan, terdapat sejumlah jalur aktif yang akan diperbaiki operasinya karena terputus akibat gempa dan tanah longsor.

Jalur aktif yang akan diperbaiki ialah Teluk Bayur-Sawahlunto sepanjang 156,520 kilometer (km). Jalur itu terputus di wilayah Kota Padang Panjang dan akan dikembalikan sesegera mungkin.

Adapun jalur yang masih aktif adalah Muara Kalaban-Padang Sibusuk (6,2 km), Bukit Putus-Indarung (14,572 km), dan Lubuk Alung-Pariaman (21,543 km).

Jalur yang akan direvitalisasi hingga 2013 adalah Padang Panjang-Payakumbuh (52,165 km), Payakumbuh-Limbanang (20,230 km), Padang Sibusuk- Muaro Sijunjung (19,828 km), dan Padang-Pulau Air (5,5 km). Direncanakan pula membangun jalur baru Muaro Sijunjung-Pekanbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: