Pelaminan Minang Buchyar

Padang Panjang Mendapat Penghargaan Dari WHO

Posted on: June 1, 2010

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memberikan dua penghargaan kepada Wali Kota Padang Panjang Suir Syam, atas inisiatif memerangi rokok di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Dua penghargaan itu adalah TAPS (Tobacco Advertisement, Promotion, and Sponsorship) Ban dan Award For Significant Performance on Tobacco/Smoke Free Area Development.

Suir Syam, Senin (31/5) di Padang Panjang, mengatakan, kehilangan pendapatan dari iklan rokok Rp 100 juta per tahun sebanding dengan meningkatnya kesehatan masyarakat. ”Dulu pasien di poli paru RSUD Padang Panjang 30 orang per hari, sekarang paling lima orang,” katanya.

Perwakilan WHO South East Asia Regional Office Khanchit Limpakarnjanarat, yang menghadiri peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang secara nasional dipusatkan di RSUD Kota Padang Panjang, menyatakan,

perlu dilakukan penyadaran publik yang lebih luas tentang bahaya merokok di usia muda, disokong dengan sejumlah peraturan.

Di tempat sama Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan, Pemerintah RI lewat Kementerian Kesehatan akan membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Tembakau pekan depan.

Organisasi kesehatan, lembaga swadaya masyarakat, dan pemerhati kesehatan di Jawa Barat mendesak pemerintah segera meratifikasi Framework Convention on Tobacco Control.

Di Kota Yogyakarta, empat rukun warga dari empat kelurahan dideklarasikan sebagai kampung percontohan bebas asap rokok. Deklarasi yang ditandatangani di Balaikota Yogyakarta itu merupakan upaya menekan risiko bahaya bagi perokok pasif.

Keempat RW itu adalah RW 1 Kelurahan Gunungketur, RW 11 (Muja-Muju), RW 4 (Pakuncen), dan RW 6 (Suryodiningratan).

Menanam tembakau

Petani tembakau di Kabupaten Jember menilai pro-kontra RPP tentang Tembakau sudah selesai setelah perwakilan petani tembakau asal Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat menghadap Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar di Jakarta bulan lalu.

Petani akan terus menanam tembakau sesuai permintaan pasar lokal maupun internasional.

Hal ini dinyatakan Bupati Jember MZA Djalal, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi HM Thamrin, Ketua Asosiasi Petani Tembakau Kasturi Abdurrahman di Jember, Senin.

Ketua Harian Forum Masyarakat Rokok Indonesia Heri Susiyanto, di Malang, menyatakan, RPP tentang Tembakau akan menggiring komunitas yang selama ini dihidupi oleh bisnis tembakau, dari petani hingga industri rokok termasuk buruh, menuju kematian ekonomi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: