Pelaminan Minang Buchyar

Mentawai Diguncang Gempa 7,2 Richter Sebanyak 3 Kali Terasa Sampai Singapura

Posted on: October 25, 2010

Wilayah Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat, pada Senin diguncang gempa sebanyak tiga kali.

Gempa bumi pertama berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) pada pukul 21.42 WIB, terjadi di 3,61 Lintang Selatan dan 99.93 Bujur Timur

Pusat gempa tersebut berada pada 78 kilometer (km) Barat Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai Sumatera Barat, dengan kedalaman 10 km.

Selang beberapa waktu kemudian sekitar pukul 22.00 WIB, gempa susulan dengan kekuatan 5,5 SR pada 3,55 Lintang Selatan, 99,70 bujur Timur, kedalam 22 km, berpusat 89 km Barat Daya Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai.

Gempa ketiga yang mengguncang Kabupaten Mentawai terjadi sekitar pukul 22.31 WIB, dengan kekuatan 5,0 SR.

Pusat gempa pada 3,32 Lintang Selatan, 99,96 Bujur Timur dengan kedalam 34 Km, atau 51 Km Barat Daya Kecamatan Pagai Selatan, Kebupaten Mentawai.

Kabid.Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Ade Edwar, mengatakan, saat ini belum ada laporan dari warga rumahnya yang rusak akibat gempa yang terjadi di Kabupeten Mentwai tersbut.

“Warga jangan cemas dengan gempa susulan yang terjadi di Kabupetan Mentawai tersebut,” katanya.

Gempa bumi yang terjadi di kabupaten Mentawai, Sumatera Barat. juga dirasakan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman.

Getaran gempa yang berpusat Kabupaten Mentawai, Sumatra Barat, Senin malam, menggoyang lampu perumahan rakyat di gedung tinggi kawasan Marine Parade, pantai timur Singapura.

Kuladeva yang tinggal di lantai 22 mengatakan kepada MediaCorp bahwa pada pukul 22.45 waktu Singapura (21.45 WIB) melihat lampu berayun dari kiri ke kanan, dan merasakan sensasi pening.

Di kompleks perumahan rakyat dan pusat bisnis di atas tanah reklamasi pantai itu, seorang warga lain, Yeo (22) seperti diberitakan Channel NewsAsia mengatakan, getaran gempa lebih ringan daripada sebelumnya, tetapi lebih lama— sampai semenit atau lebih.

Kedua orang itu mengatakan bukan pertama kali merasakan getaran gempa yang melanda Indonesia.

Dari Padang ANTARA melaporkan, Kabupaten Mentawai, Sumatra Barat, Senin diguncang gempa sebanyak tiga kali.

Gempa pertama berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) pada pukul 21.42 WIB, terjadi di 3,61 lintang selatan dan 99.93 bujur timur

Pusat gempa pada 78 kilometer (km) barat Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai Sumatra Barat, dengan kedalaman 10 km.

Selang beberapa waktu kemudian sekitar pukul 22.00 WIB, gempa susulan dengan kekuatan 5,5 SR pada 3,55 lintang selatan, 99,70 bujur timur, ke dalaman 22 km, berpusat 89 km barat daya Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai.

Gempa ketiga mengguncang Kabupaten Mentawai terjadi sekitar pukul 22.31 WIB, dengan kekuatan 5,0 SR.

Pusat gempa pada 3,32 Lintang Selatan, 99,96 bujur timur dengan kedalaman 34 km, atau 51 km barat daya Kecamatan Pagai Selatan, Kebupaten Mentawai.

Getaran gempa Mentawai, cukup keras dirasakan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, dan pada pukul 21.42 WIB juga dirasakan ratusan warga di Kecamatan Padang Harapan, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Peralatan kerja seperti personal komputer di kantor berita ANTARA Biro Bengkulu nyaris terjatuh dari meja, lampu gantung bergoyang keras.

Akibat gempa tersebut, terjadi gangguan pelayanan internet di wilayah ibu kota Bengkulu namun aliran listrik masih menyala dan tidak padam hingga getaran gempa selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: