Pelaminan Minang Buchyar

Penampungan Sementara Korban Tsunami Mentawai Dibangun

Posted on: October 28, 2010

“Dua kecamatan yang terparah akibat gempa dan tsunami di Mentawai adalah Pagai Utara dan Pagai Selatan,”kata Koordinator Tanggap darurat BPBD di Sikakap, Joskamtir, Jumat.

Menurut dia ada dua dusun di Pagai Utara yang mengalami kerusakan paling parah. Di Dusun Muntee Baruru korban meninggal dunia sebanyak 88 orang, hilang 92 jiwa, 62 luka berat, 27 mengalami luka ringan.

“Sedangkan dusun Sabeugunggung jumlah meninggal dunia sebanyak 75 orang, warga hilang 183 jiwa, 37 luka berat, serta 25 korban luka ringan,”kata Joskamtir.

Di Pagai Selatan dusun yang terparah adalah Baleraksok dan Taparaboat.

Korban meninggal jiwa di Baleraksok sebanyak 22, warga hilang 7 jiwa, 27 korban luka berat, 25 korban luka ringan.

“Namun pada Dusun Taparaboat, meninggal dunia sebanyak 27 orang, warga dinyatakan hilang sebanyak 14 jiwa, 38 korban luka ringan, 18 luka ringan,”katanya.

Pemerintah segera membangun rumah-rumah relokasi gempa dan tsunami Mentawai di perbukitan Pulau Sipora. “Dana pembangunan berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana sedangkan pembersihan lokasi menjadi tanggungjawab pemerintah lokal,” kata Ketua BNPB, Syamsul Muarif didampingi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang.

Menurut dia, rumah-rumah itu berfungsi sebagai penampungan sementara hingga adanya bantuan bagi warga untuk mendirikan tempat tinggal yang baru di daerah perbukitan.

Rumah relokasi itu diutamakan bagi warga yang rumahnya roboh dan hilang disapu tsunami. Warga yang direlokasi tidak dibolehkan lagi mendirikan tempat tinggal di pesisir.

Sementara itu, Irwan Prayitno mengatakan, untuk membangun rumah relokasi, Pemprov Sumbar telah meminta izin kepada Kapolda untuk menggunakan kayu yang ada di Pulau Sipora.

“Kita minta polisi yang menebang kayu-kayu untuk bahan rumah relokasi itu. Penebangan kayu dilakukan karena dipastikan bahan bangunan berupa papan dan balok tidak tersedia,” katanya.

Irwan yakin pembangunan rumah relokasi akan cepat dilaksanakan. “Apalagi korban tsunami sudah bersedia direlokasikan dari pemukiman lama yang telah hancur,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: