Pelaminan Minang Buchyar

Gunung Marapi Di Sumatera Barat Meletus 8 Kali dan Semburkan Abu Vulkanik

Posted on: August 3, 2011

Gunung Marapi di Sumatera Barat menyemburkan abu tebal hingga 8 kali sejak pagi hingga siang, Rabu, 3 Agustus 2011.

Semburan abu dengan bau belerang mencapai 1.000 meter pada pukul 08.31 WIB menyebabkan pemandangan cukup gelap di Kota Padangpajang, Silaing, dan sekitarnya.

Warsono, petugas Pos Pengamat Gunung Marapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bukittinggi, Rabu ini mengatakan semburan pukul 08.31 WIB tersebut merupakan semburan pertama, disusul semburan lainnya dengan ketinggian antara 300 meter hingga 1.000 meter. Total 8 kali semburan hingga pukul 09.48 WIB.

Pos Pengamat juga mencatat gempa tremor terus-menerus terjadi di gunung berketinggian 2891,3 meter di atas permukaan laut (MdPL) itu sejak pukul 8.54 WIB hingga 9.33 WIB. Amplitudo gempa tremor tertinggi 3 milimeter.

“Semburan menyebabkan hujan abu tipis jatuh hingga 20 kilometer dari puncak ke arah barat dan barat daya sampai ke daerah Sicincin, tapi sudah tipis,” ujarnya.

“Saat ini status Marapi masih waspada. Kami sudah mengirim laporan dan sedang menunggu kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung tentang statusnya,” ujar Warsono.

Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Rabu (3/8) pagi meletus dan mengakibatkan hujan debu di sekitarnya. Gunung setinggi 2.800 meter lebih dari permukaan laut tersebut terakhir meletus pada 2004.

Letusan pertama terjadi pukul 08.44 WIB. Hingga pukul 10.00 WIB telah terjadi delapan kali letusan. Tinggi letusan mencapai 1.000 meter.

Akibat letusan, kawasan dalam radius 30 kilometer terkena dampak hujan debu. Arah angin yang menuju selatan membuat kawasan selatan Gunung Marapi dipenuhi hujan debu, antara Sicincin, Padangpanjang, dan Koto Baru.

Gunung Marapi termasuk yang teraktif di Sumatra. Gunung ini dapat dilihat juga dari Bukittinggi, Kota Padangpanjang, dan Kabupaten Tanah Datar.

Gunung Marapi di Sumatera Barat, sejak pagi tadi meletus dan mengeluarkan debu vulkanik yang menjangkau radius puluhan kilometer. Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Sumbar mencatat, delapan kali debu vulkanik meluncur dari puncak Marapi.

“Dari tadi pagi, sudah delapan kali Marapi menyemburkan abu vulkanik,” ujar Manajer Pusdalops Sumbar, Ade Edward pada VIVAnews.com, Rabu, 3 Agustus 2011.

Sejauh ini, status gunung tersebut masih dinyatakan waspada dan bersiap untuk menjadi siaga. “Penetapan status ini masih menunggu kepastian dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung,” kata Ade. Sejauh ini, belum ada imbauan bagi warga yang berada di kaki Gunung Marapi untuk menjauh.

“Karena ini letupan abu, kami minta warga untuk menggunakan masker,” katanya. Sejauh ini, BPBD Sumbar mengimbau petugas penanggulangan bencana untuk siaga menghadapi kemungkinan terburuk dari letusan Gunung Marapi.

Menurut kesaksian Dafrizal Sutan Maraja, hingga siang ini hujan abu masih mengguyur daerah Air Angek, Koto Baru, yang terletak di kaki gunung Marapi. Ketebalan abu yang menutupi tanaman dan tanah di sekitar kaki gunung tersebut telah mencapai ketinggian 1 cm. “Masih hujan abu, petani yang berladang di pinggang gunung sudah turun,” kata Dafrizal.

Gunung dengan ketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut ini tercatat telah meletus puluhan kali. Wikipedia mencatat, tak kurang 50 letusan terjadi sejak abad 18 lalu. Pada 1979 lalu, Gunung Marapi meletus hebat yang merusak lima daerah di kaki guung tersebut

1 Response to "Gunung Marapi Di Sumatera Barat Meletus 8 Kali dan Semburkan Abu Vulkanik"

jika g.marapi seperti ini waspada gempa darat ,.krakatau juga mengelurkan asap hari ini …patahan samangko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: