Pelaminan Minang Buchyar

William Wongso: Rendang Masuk Daftar Masakan Paling Enak Sedunia Karena Rasanya Yang Original

Posted on: August 6, 2011

Rendang baru-baru ini masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia. Rendang berada di urutan 11 dari 50 makanan terenak di dunia versi cnngo.com.

Menurut ahli kuliner William Wongso, sudah selayaknya rendang masuk ke jajaran makanan paling enak. Oleh karena itu, rendang perlu disebarluaskan seperti batik yang sudah diakui sebagai warisan budaya internasional.

“Tapi harus menyebutnya rendang Padang, bukan hanya rendang,” ujar dia dalam surat elektronik kepada Tempo, Jumat, 5 Agustus 2011. Sebab jika hanya menyebut rendang, berarti bukan versi Padang. Bisa juga rendang dari peranakan Singapura atau Malaysia.

Rendang, masakan dengan bumbu rempah dan santan kental ini memang populer di kawasan Melayu. Apalagi warga di Malaysia dan Singapura banyak juga yang merupakan perantau dari Padang. Tapi, William menguraikan, komposisi rempah dan proses pemasakan rendang Padang-lah yang membedakan rasanya.

William berpesan bahwa mengenalkan rendang Padang ke penjuru dunia menjadi tugas bersama. Dia mengingatkan keaslian cita rasa masakan itu penting sehingga untuk mempopulerkan suatu masakan, tidak perlu ada kompromi bumbu atau cara memasak. Penyesuaian rasa inilah yang banyak dilakukan restoran Indonesia di luar negeri.

“Citarasa otentik tidak pernah dihargai,” ujar dia. Sehingga, saat ini tak banyak masakan Indonesia yang populer di dunia internasional, selain nasi goreng, gado-gado, dan sate ayam. Ketiga makanan tersebut memang mudah disajikan dan rempahnya tidak sebanyak rendang.

Rendang masuk sebagai salah satu makan terenak di dunia lewat sebuah survei cnngo.com yang dilakukan di Facebook. Para pengguna Facebook diminta memilih makanan yang paling mereka sukai. Di daftar itu ada 100 makanan.

Menurut Willaim, masih banyak makanan Indonesia yang berpotensi jadi makanan terenak di dunia selanjutnya. Misalnya, sop buntut, nai nura batak, ayam rica-rica, ayam betutu, ayam tangkap, asinan Jakarta, dan pecel. “Biarlah masyarakat internasional menilai dan tidak dibuat penyesuaian cita rasa,” ujar dia.

William memaparkan, variasi olahan walau berbeda cita rasa harus asli. William melalui wwwkuliner.blogspot.com kini membuka Kompetisi Menu Kreatif Rendang Padang William Wongso Series.

Setiap peserta hanya butuh mengirimkan resep dan foto cara membuatnya untuk mendapatkan hadiah 1 kg Rendang Padang William Wongso Series. Siapa yang berminat, segera cepat karena tenggat pengiriman jatuh 15 Agustus 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: