Pelaminan Minang Buchyar

Pariaman Buka Wisata Antarpulau Pada Pesta Pantai Pariaman 2011

Posted on: August 28, 2011

Pesta Pantai Pariaman di Pariaman, Sumatera Barat, digelar dalam rangka menyambut Idul Fitri 1432 Hijriah. Tahun ini, untuk memeriahkan acara tersebut Pemerintah Kota Pariaman membuka jasa wisata antarpulau.

“Kita menyediakan kapal kapasitas 30 orang dengan tarif Rp25 ribu per orang untuk berwisata ke pulau-pulau di perairan Pariaman,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pariaman Jose Rizal, di Pariaman, Jumat (26/8/2011).

Selain kapal yang disediakan Pemkot Pariaman, pengunjung juga dapat memakai jasa kapal nelayan dengan tarif sama. Ia menjelaskan kapal tersebut akan membawa wisatawan ke Pulau Ansoduo yang jaraknya 1,9 mil dari pesisir Pantai Pariaman.

Tempat itu, katanya, merupakan pulau bersejarah yang terdapat kuburan panjang di dalamnya. Pulau Ansoduo juga merupakan situs sejarah sebagai lokasi penyebaran Islam pertama di Pariaman. Biasanya pada musim ziarah, banyak pengunjung datang ke pulau untuk berkunjung ke makam itu.

“Wisatawan juga bisa melihat-lihat ke kuburan tersebut yang lokasinya sudah dibenahi sedemikian rupa oleh Pemkot Pariaman,” katanya.

Di Pulau Ansoduo terdapat sebuah dermaga dan tiga tempat peristirahatan berupa rumah panggung. Pengunjung dapat menikmati wisata pulau dengan pasir putih dan memancing di pantai yang berkarang di balik pulau itu. Untuk keamanan selama perjalanan wisata, katanya, pihaknya sudah bekerja sama dengan BPBD Pariaman, Polres Pariaman, dan Tim SAR.

Pulau Ansoduo dapat dicapai dengan menggunakan kapal bermesin 15 PK selama 20 menit dari Pantai Gadoriah. Pulau tersebut merupakan pulau terluas di Pariaman yaitu lebih kurang 3,5 hektar dengan topografi relatif datar. Di bagian tengah pulau didominasi oleh vegetasi hutan dengan jenis pohon yang tumbuh di antaranya aru dan kelapa lebih dominan di daerah pantai.

Selain Pulau Ansoduo, di perairan Pariaman juga terdapat lima gugusan pulau lainnya yakni Pulau Bando, Gosong, Tangah, Ujung, dan Kasiak yang keseluruhannya termasuk pulau-pulau nonurban.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: