Pelaminan Minang Buchyar

Petambang Emas Ilegal di Pasaman Barat Sumatera Barat Dihentikan

Posted on: June 20, 2012

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar mulai menertibkan petambang emas tanpa ijin yang sudah meresahkan warga di daerah itu.

“Kita sudah menyurati seluruh petambang emas agar menghentikan aktifitas hingga pada bulan Mei beberapa waktu lalu. Dalam waktu dekat kita akan melakukan razia jika masih ada yang beroperasi,”kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Pasaman Barat, Faizir Djohan di Simpangampek, Selasa.

Dia mengungkapkan berdasarkan laporan Camat Ranah Batahan, penambang emas tanpa izin itu berjumlah 57 unit yang menggunakan mesin dompeng.

Dia mengatakan, himbauan agar menghentikan aktifitas itu diperoleh setelah melakukan rapat koordinasi dengan semua pemilik mesin dompeng dan unsur masyarakat. Jika aktifitas itu tidak dihentikan maka akan ditempuh jalur hukum.

“Aktifitas itu harus dihentikan karena sudah meresahkan masyarakat sekitar. Akibat penambang liar itu membuat air sungai menjadi keruh dan tidak bisa digunakan untuk aktifitas warga yang ada di sekitarnya,”kata dia.

Dia menjelaskan, aktifitas tambang liar itu tidak bisa dibiarkan begitu saja apalagi sudah berlangsung selama tiga tahun dalam jumlah yang besar. Jika terus dibiarkan maka akan merusak alam sekitar dan pencemaran lingkungan.

Lebih jauh dia katakan, tambang liar itu sudah menyalahi UU No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, dimana kawasan hutan harus bebas dari segala bentuk kegiatan termasuk penambangan yang dapat merusak daerah aliran sungai (DAS).

Jika hal itu terus dibiarkan maka dikhawatirkan akan menimbulkan polemik di tengah-tengah masyarakat. Apalagi, yang beraktifitas itu bukan asli orang Pasaman Barat tetapi pada umumnya berasal dari Sumatera Utara (Sumut).

Puluhan mesin dompeng penambangan emas ilegal beroperasi di Sungai Batang Kanaikan, Kecamatan Gunung Tuleh dan Sungai Batahan Aek Nabirong, Kecamatan Ranah Batahan.

Para penambang menggali dasar sungai untuk mendapatkan emas dengan modus menambang batu kerikil dan pasir.

Sejumlah warga mengaku aktifitas penambang emas ilegal menggunakan dompeng tersebut sudah sangat meresahkan masyarakat sekitar. Gangguan yang dirasakan diantaranya air menjadi keruh, ikan mati dan warga sekitar terancam dihantam banjir besar karena sungai semakin dalam dan lebar akibat pengerukan oleh para penambang.

1 Response to "Petambang Emas Ilegal di Pasaman Barat Sumatera Barat Dihentikan"

saya tidak setuju dengan tindakan pemda dengan program pemberhentian operasi mesin dompeng, karena setelah hadirnya mesin dompeng didaerah saya persentase pengagguran dapat dikurangi hingga 90%, jdi jika pemda ingin agar mesin2 dompeng berhenti beroperasi maka ciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang status pendidikannya smp kebawah, pikiran dengan kepala anda bukan dengan lutut anda !!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: