Pelaminan Minang Buchyar

Lagi … 400 Ton Ikan Danau Maninjau Mati

Posted on: August 12, 2014

Ikan di Danau Maninjau Kabupaten Agam, Sumatera Barat kembali mati massal. Jumlah ikan yang mati diperkirakan mencapai 400 ton.

Penyuluh Perikanan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Asrul Deni Putra mengatakan, sebanyak 400 ton ikan mas dan nila itu berada di dalam 537 keramba apung di Danau Maninjau, tepatnya di Jorong Tanjung Alai dan Jorong Muko-Muko Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Keramba ini dimiliki masyarakat setempat dan pengusaha. “Dimiliki 32 kepala keluarga dan tiga orang pengusaha,” ujarnya, Senin 11 Agustus 2014.

Asril mengatakan, ikan tersebut diketahui mati pada Ahad 10 Agustus 2014. Diduga karena fenomena upwelling (arus balik). “Sehingga ikan kekurangan oksigen,” ujarnya. Kata Deni, Sabtu sore terjadi perubahan suhu secara drastis di danau, karena terjadi hujan di kawasan tersebut. Sehingga malamnya, terjadi pergerasan arus bawah di dasar danau. “Dini hari air tenang. Tak ada arus. Amonial di bawah naik karena panas dingin. Sehingga ikan kekurangan oksigen,” ujarnya.

Menurut Deni, seharusnya jika cuaca tiga bagus, ikan jangan diberi makan. Sebab, ikan membutuhkan oksigen yang banyak. Akibat kejadian itu, pemilik keramba diperkirakan mengalami kerugian mencapai Rp 5 miliar. “Ukuran ikan yang mati tersebut bermacam-macam. Ada yang setengah kilogram,” ujarnya

Saat ini, kata Deni, ada pemlik keramba yang telah menjual ikan yang mati itu, dengan harga Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per kilogram. “Ada juga sebagian pemilik yang masih membiarkan ikannya di keramba. Mungkin mereka masih pusing, karena mengalami kerugian yang besar,” ujarnya.

Deni mengaku untuk mengantisipasi fenomena alam tersebut, para paternak telah diberikan penyuluhan. Di antaranya, menarik keramba ke tengah danau, mengurangi isi ikan per petak keramba, jangan terlalu banyak mengasih makan ikan dan melihat kondisi cuaca. “Dianjurkan satu petak itu hanya diisi 5000 ekor ikan. Tapi banyak peternak yang mengisi 10 ribu ekor ikan. Sehingga keramba tersebut padat,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PELAMINAN MINANG FACEBOOK

Pelaminan Minang

Pengantin Minang dengan Tanduk Ameh

Pengantin di Pelaminan Minang dengan Tanduk

Pelaminan pada  Pesta di Rumah

Pelaminan Minang dan Tanduk Ameh

Pelaminan Minang

Pelaminan - Gerbang Bantal Gadang

Gerbang Pelaminan Minang dengan Pagar Ayu

Gerbang Pelaminan Minang Bantal Gadang

Tari Gelombang

Pengantin Dengan Hiasan Sunting

More Photos
%d bloggers like this: